(i) f(6) = –6
(ii) f(2) = –11
(iii) f(–1) = –15
(iv) f(–2) = –18
Pernyataan yang benar adalah . . . .
A. (iv)
B. (iii)
C. (ii)
D. (i)
Jawab:
C. ii
f(2) = -11
Penjelasan dengan langkah-langkah:
f(2x + 5) = 6x – 2
Cari inversnya untuk menentukan f(x):
2x + 5 = y
2x = y - 5
x = [tex]\frac{y-5}{2}[/tex]
f(2x + 5) = 6x – 2
f(y) = [tex]6(\frac{y-5}{2})-2[/tex]
= 3(y-5) - 2
= 3y - 15 - 2
f(y) = 3y - 17
f(x) = 3x -17
f(6) = 3(6) - 17 = 1
f(2) = 3(2) - 17 = -11
f(-1) = 3(-1) - 17 = -20
f(-2) = 3(-2) - 17 = -23
Materi : Fungsi dan Relasi
f(2x+5) = 6x - 2
_________________________
Pernyataan 1 [ × Salah ]
Nilai x untuk f(6) : [ x = ½ ]
f(6) = 6(½) - 2
f(6) = 3 - 2
{ f(6) = 1 } ≠ { f(6) = -6 }
_________________________
Pernyataan 2 { ✓ Benar }
Nilai x untuk f(2) : [ x = -3/2 ]
f(2) = 6(-3/2) - 2
f(2) = -9 - 2
{ f(2) = -11 }
_________________________
Pernyataan 3 [ × Salah ]
Nilai x untuk f(-1) : [ x = -3 ]
f(-1) = 6(-3) - 2
f(-1) = - 18 - 2
{ f(-1) = -20 } ≠ { f(-1) = -15 }
_________________________
Pernyataan 4 [ × Salah ]
Nilai x untuk f(-2) : [ x = -7/2 ]
f(-2) = 6(-7/2) - 2
f(-2) = - 21 - 2
{ f(-2) = -23 } ≠ { f(-2) = -18 }
_________________________
Semoga bisa membantu
[tex] \boxed{ \colorbox{lightblue}{ \sf{ \color{blue}{ By\:BlueBraxGeometry}}}} [/tex]
[answer.2.content]