Matematika Sekolah Menengah Pertama Diketahui fungsi f(2x + 5) = 6x – 2 , jika :
(i) f(6) = –6
(ii) f(2) = –11
(iii) f(–1) = –15
(iv) f(–2) = –18
Pernyataan yang benar adalah . . . .
A. (iv)
B. (iii)
C. (ii)
D. (i)​

Diketahui fungsi f(2x + 5) = 6x – 2 , jika :
(i) f(6) = –6
(ii) f(2) = –11
(iii) f(–1) = –15
(iv) f(–2) = –18
Pernyataan yang benar adalah . . . .
A. (iv)
B. (iii)
C. (ii)
D. (i)​

Jawab:

C. ii

f(2) = -11

Penjelasan dengan langkah-langkah:

f(2x + 5) = 6x – 2

Cari inversnya untuk menentukan f(x):

2x + 5 = y

2x = y - 5

x = [tex]\frac{y-5}{2}[/tex]

f(2x + 5) = 6x – 2

f(y) = [tex]6(\frac{y-5}{2})-2[/tex]

     = 3(y-5) - 2

     = 3y - 15 - 2

f(y) = 3y - 17

f(x) = 3x -17

f(6) = 3(6) - 17 = 1

f(2) = 3(2) - 17 = -11

f(-1) = 3(-1) - 17 = -20

f(-2) = 3(-2) - 17 = -23

Materi : Fungsi dan Relasi

f(2x+5) = 6x - 2

_________________________

Pernyataan 1 [ × Salah ]

Nilai x untuk f(6) : [ x = ½ ]

f(6) = 6(½) - 2

f(6) = 3 - 2

{ f(6) = 1 } ≠ { f(6) = -6 }

_________________________

Pernyataan 2 { ✓ Benar }

Nilai x untuk f(2) : [ x = -3/2 ]

f(2) = 6(-3/2) - 2

f(2) = -9 - 2

{ f(2) = -11 }

_________________________

Pernyataan 3 [ × Salah ]

Nilai x untuk f(-1) : [ x = -3 ]

f(-1) = 6(-3) - 2

f(-1) = - 18 - 2

{ f(-1) = -20 } ≠ { f(-1) = -15 }

_________________________

Pernyataan 4 [ × Salah ]

Nilai x untuk f(-2) : [ x = -7/2 ]

f(-2) = 6(-7/2) - 2

f(-2) = - 21 - 2

{ f(-2) = -23 } ≠ { f(-2) = -18 }

_________________________

Semoga bisa membantu

[tex] \boxed{ \colorbox{lightblue}{ \sf{ \color{blue}{ By\:BlueBraxGeometry}}}} [/tex]

[answer.2.content]